LBH kecam penangkapan pedagang Kota Tua tanpa alasan jelas

MERDEKA.COM. Lembaga Bantuan Hukum menduga Tim Buser Polsek Taman Sari, Jakarta Barat menangkap 16 pedagang di Kota Tua, Jakarta Barat tanpa alasan jelas. Alasannya, polisi tidak membawa surat tugas dan surat penangkapan, sehingga tidak jelas pelanggaran hukumnya.

"Bahwa pada pagi ini tanggal 3 November 2013, sekitar pukul 03.30 WIB, tiga pedagang ditangkap, kemudian dilanjutkan pada pukul 04.00 WIB, 13 pedagang lainnya ikut ditangkap oleh Tim Buser Polsek Taman Sari dengan membawa senjata laras panjang. Diduga pada saat penangkapan polisi tidak membawa surat tugas dan surat penangkapan sehingga membuat ketidakjelasan status dan pelanggaran hukumnya," ujar Pengacara Publik LBH Handika Febrian, dalam keterangan pers kepada merdeka.com di Jakarta, Senin (4/11).

Dia menjelaskan, kini LBH mencoba memberikan bantuan hukum kepada para pedagang tersebut. Namun, polisi enggan memberikan keterangan dengan alasan bukan kuasa hukum para pedagang dan diminta membawa keluarga.

"Akhirnya LBH Jakarta membawa keluarga pedagang yang ditangkap sebagai bukti untuk diberikan kuasa. Akan tetapi sampai saat ini pukul 21.32 WIB, LBH Jakarta masih dihalang-halangi oleh Polsek Taman Sari untuk menandatangani kuasa dari 16 pedagang tanpa alasan jelas," tegas dia.

Menurut Handika, penyidik Polsek Taman Sari juga diduga melakukan penangkapan sewenang-wenang (unfair trial) terhadap ke-16 pedagang Kota Tua karena penangkapan dan penahanan hanya dapat dilakukan terhadap tersangka atau terdakwa sesuai dengan Pasal 1 ayat 20 dan 21 KUHAP.

"Oleh karenanya, kami dari LBH Jakarta mengutuk keras dugaan tindakan penangkapan sewenang-wenang atau tanpa status yang dilakukan oleh Polsek Taman Sari, Jakarta barat.
Kami juga mengutuk keras upaya menghalang-halangi yang dilakukan oleh Polsek Taman Sari atas pemberian kuasa dari 16 pedagang kepada LBH Jakarta yang mengakibatkan terabaikannya hak-hak hukum," pungkasnya.

Sumber: Merdeka.com
http://id.berita.yahoo.com/lbh-kecam-penangkapan-pedagang-kota-tua-tanpa-alasan-184100155.html
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger