Ketua DPR: Lebih penting MK cari pengganti Akil

MERDEKA.COM. Ketua DPR Marzuki Alie tak sepakat dengan langkah MK yang langsung memilih ketua MK pasca-Akil Mochtar ditangkap KPK. Menurut dia, tugas MK masih bisa diselesaikan dan dijalankan dengan 8 hakim MK yang ada sebelum menunjuk Hamdan Zoelva sebagai ketua.

"Saya kira tanpa adanya ketua, fungsi MK masih bisa berjalan dengan wakilnya. Saya justru berpikir lebih penting bagi MK untuk mencari pengganti Akil Mochtar sebagai hakim MK daripada mencari ketuanya sambil menunggu hasil investigasi KPK apakah memang tidak ada yang terlibat dalam kasus MK itu atau ada hakim lainnya," ujar Marzuki disela-sela acara press gathering DPR, di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (2/10).

Dia menjelaskan, mencari pengganti Akil dirasa penting untuk didahulukan, karena jika ternyata terbukti ada hakim lainnya yang terlibat, maka kepercayaan terhadap MK akan semakin runtuh.

"Itu tadinya yang saya khawatirkan tapi tidak ada seorang pun di luar MK yang bisa mengintervensi itu. Jadi saya berharap agar para hakim bisa bekerja dengan baik untuk menegakan konstitusi. Kami tidak bisa intervensi karena apa yang mereka lakukan juga tidak melanggar konstitusi," tegasnya.

Wakil Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat menambahkan, agar para hakim MK utamanya untuk bisa memisahkan tugas dan tanggungjawabnya dengan hubungan lain, baik sebagai pribadi ataupun kepada lembaga atau partai politik tertentu.

"Semua hakim MK adalah penjaga terakhir konstitusi, makanya mereka harus melepaskan semua bajunya, jadilan hakim yang mementingkan penegakan konstitusi. Lepaskan semua hubungan kekerabatan, politik ataupun hubunga-hubungan pribadi lainnya," ujar dia.

Marzuki juga mengingatkan kepada Komisi III DPR yang akan melakukan seleksi penggati Akil Mochtar untuk lebih mengedepankan pilihan yang baik. "Tidak ada keharusan DPR untuk memilih juga anggota DPR menjadi hakim konstitusi," tandasnya.

Sumber: Merdeka.com
http://id.berita.yahoo.com/ketua-dpr-lebih-penting-mk-cari-pengganti-akil-095319070.html
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger