Sutarman Harus Pulihkan Kepercayaan Rakyat Pada Kepolisian

Jakarta (Antara) - Anggota Komisi III DPR RI Bambang Soesatyo mengatakan Komjenpol Sutarman saat mengemban tugas sebagai Kepala Kepolisian RI harus dapat memulihkan kepercayaan rakyat kecil kepada lembaga kepolisian.

"Salah satu tugas penting Sutarman kalau menjadi Kapolri adalah harus memulihkan kepercayaan wong cilik pada kepolisian," kata Bambang Soesatyo di Jakarta, Senin.

Menurut politisi Partai Golkar itu, citra polisi di mata masyarakat pada saat ini cenderung buruk sehingga pekerjaan Sutarman bila menjabat sebagai Kapolri dinilai tidak akan mudah.

Selain itu, ujar dia, pembelaan institusi hukum bagi masyarakat kecil juga dinilai cenderung relatif rendah dan berbanding terbalik dengan perlakuan kepada kalangan berpunya atau pejabat.

Ia menegaskan masalah kepercayaan tersebut tidak bisa dianggap remeh, terbukti telah muncul beragam reaksi balik dari masyarakat atas sikap ketidakadilan yang kerap disematkan kepada lembaga aparat penegak hukum.

"Makin memburuknya ketidakpercayaan wong cilik akan membuat kinerja kepolisian semakin terpuruk karena tidak akan mendapat dukungan dari masyarakat," katanya.

Bambang menyampaikan harapannya agar kinerja dan prestasi Sutarman yang relatif bagus selama berkarir di kepolisian membawa harapan baru terhadap citra kepolisian yang lebih baik sehingga aparat tidak lagi menjadi sosok menakutkan dan bahan cibiran.

Hal tersebut, lanjutnya, harus disertai dengan ketegasan sikap terhadap anggota kepolisian yang bertindak sewenang-wenang dan memperlakukan orang kecil secara tidak pantas dalam melaksanakan tugas penegakan hukum.

Ia menjelaskan bentuk-bentuk perlakuan tidak adil kepolisian kepada wong cilik antara lain penggunaan kekerasan dan arogansi dalam penegakan hukum, penganiayaan di tahanan, serta penembakan secara sembarangan.

"Sering terjadinya kriminalisasi serta keseriusan mengusut kasus-kasus kecil yang harusnya tidak perlu dibawa ke pengadilan. Sementara kasus-kasus besar terkesan dibiarkan," ucapnya.

Sebagaimana diketahui, Komjenpol Sutarman sudah menjalani uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR RI dan mendapat persetujuan sehingga selanjutnya tinggal dilantik oleh Presiden. (ar)


http://id.berita.yahoo.com/sutarman-harus-pulihkan-kepercayaan-rakyat-pada-kepolisian-125911098.html
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger