Jadi DPO, 2 smuggler imigran gelap diciduk Polda Jabar

MERDEKA.COM. Petugas Subdit III (Jatanras) Ditreskrimum Polda Jabar membekuk Iwan Hermawan alias Iwan Porong (38) dan Hadiman alias Hadi (35), keduanya merupakan smuggler atau penyedia sarana prasarana penyelundupan manusia (smuggling people) imigran gelap dari Myanmar, Irak, dan Iran untuk mencari suaka ke Australia.

Iwan dan Hadi yang masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) itu ditangkap Kampung Ciloto Desa Jemplak, Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Mereka juga yang memfasilitasi penyeberangan dari darat ke laut secara ilegal.

"Melibatkan IT mabes Polri untuk melacak ponsel tersangka, kami akhirnya bisa menangkap pelaku karena menemui titik koordinat para tersangka. Sebelum melakukan pengejaran terhadap pelaku, kami membentuk tim dan membuat pemetaan pelarian DPO," kata Martinus di Mapolda Jabar, Selasa (22/10).

Pengakuan tersangka, kata Martinus, keduanya biasanya membawa imigran gelap dari beberapa negara dan diinapkan di beberapa tempat di Jawa Barat. Selanjutnya imigran gelap diseberangkan ke tempat tujuan untuk mencari suaka.

Dia menambahkan pelaku sudah beberapa kali memfasilitasi imigran gelap, termasuk di antaranya yang mengalami musibah di perairan Cianjur dan Garut yang menelan korban tewas lebih dari 30 orang.

"Saat ini pelaku diperiksa Subdit IV (PPA) Ditreskrimum Polda Jabar," paparnya.

Topik pilihan:

Berita unik | Andi Ditahan KPK | Dinasti Atut | Jokowi ahok | Bunda Putri

Sumber: Merdeka.com
http://id.berita.yahoo.com/jadi-dpo-2-smuggler-imigran-gelap-diciduk-polda-034734912.html
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger