Gara-gara HP, Istri Babak Belur Dihajar Suami


Laporan Wartawan Pos Kupang, John Taena

TRIBUNNEWS.COM, KUPANG--Untung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak. Demikian pepatah klasik yang satu ini untuk menggambarkan nasib yang dialami oleh Yeni Yuliana Manafe-Sine (34). Ibu rumah tangga yang satu ini babak belur dihajar suaminya, Melgis Aryanto Manafe (31) di kediaman mereka yang beralamat di Jalan Bhakti Karang, RT 002, RW 001, Kelurahan Fatululi, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, Senin (12/8/2013) sekitar pukul 22.00 Wita.

Saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (13/8/2013), Kasubag Humas Polres Kupang Kota, Iptu Januarius Mau, mengatakan, peristiwa tersebut terjadi disebabkan korban dituduh merusak HP milik pelaku. Pelaku yang tidak bisa mengendalikan emosi akhirnya membanting HP tersebut sambil memaki korban. "Kejadiannya itu tadi malam (Senin, 12/8/2013). Korban dituduh merusak HP milik pelaku," kata  Mau.

Berdasarkan keterangan korban, urai Mau, peristiwa tersebut bermula ketika Melgis pulang ke rumah dan marah-marah karena HP miliknya yang rusak dan tidak bisa dioperasikan lagi. Pelaku menuduh Yeni sebagai penyebab kerusakan tersebut. Melgis kemudian membanting HP miliknya itu ke tanah tiga kali. Selanjutnya, pelaku menampar pipi kiri dan dan kanan Yeni berulang kali.

"Belum  puas sampai disitu, pelaku maki korban dan kemudian mengusirnya untuk keluar dari rumah sambil memukul kepala korban sebanyak satu kali dengan tangan kosong," jelasnya.

Merasa terancam, kata Mau, Yeni lari menyelamatkan diri ke rumah kakak iparnya yang tidak terlalu jauh dari rumah mereka. Namun Melgis mengejar Yeni dan menganiayanya lagi di rumah salah satu banggota keluarga mereka itu dengan menggunakan kereta bayi.

"Kepala korban dipukuli dengan kereta bayi yang kebetulan berada di TKP (tempat kejadian perkara). Akibat pukul itu, kepala korban mengelami pembengkakan," jelasnya.

Setelah mendapat penganiayaan tersebut, tambah Mau, Yeni mendatangi Polres Kupang Kota dan melaporkan pelaku. Yeni diambil keterangan oleh petugas dan juga divisum. Sementara Melgis langsung dijemput untuk diminta pertanggungjawabannya. "Semua sudah diambil keterangannya oleh petugas dan korban juga sudah divisum," tandas Mau.
 
Diancam Lima Tahun Penjara

Kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dilakukan oleh Melgis Aryanto Manafe (31) terhadap Yeni Yuliana Manafe-Sine (34) Senin (12/8/2013) sekitar pukul 22.00 Wita, menuai petaka. Melgis akan dijerat dengan Undang-Undang No. 24 tahun 2003 tentang KDRT. Berdasarkan ketentuan yang diatur dalam UU tersebut, ancaman hukuman paling rendah bagi setiap pelaku KDRT adalah lima tahun penjara.

"Melgis Aryanto Manafe (31) yang diduga sebagai pelaku kasus KDRT terhadap Yeni Yuliana Manafe-Sine (34) di kediaman mereka di Jalan Bhakti Karang, RT 002, RW 001, Kelurahan Fatululi, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, saat ini sedang ditangai petugas. Ancaman hukuman paling rendah itu adalah lima tahun penjara," ujar Januarius Mau.

Berdasarkan pengalaman yang terjadi selama ini, lanjutnya,  selama para korban dan tersangka kasus KDRT jarang yang diproses hukum. Hal ini disebabkan, para korban dan tersangka yang biasanya berasal dari keluarga kurang mampu akan menarik kembali laporan mereka.

"Selama ini biasanya kalau kasus-kasus KDRT itu jarang diproses. Karena kalau sudah di sini korban dan pelaku sepakat untuk damai, kecuali kalau keluarga para pembesar itu yang biasanya mereka tetap mau untuk diproses," katanya.

Biasanya, jelas Mau, kalau pelaku sudah menjalani proses tahanan minimal satu hari, istrinya yang sebagai korban akan mendatangi petugas dan meminta suaminya dibebaskan. Apabila sudah terjadi demikian, maka pihak kepolisian akan serahkan kembali kepada para pihak yang bersangkutan untuk diselasaikan.

"Korban datang minta untuk bebaskan pelaku dan tidak mau diproses lagi. Jadi mereka buat pernyataan untuk berdamai dan saling memaafkan,"jelasnya. *

Baca Juga:

Dua Gadis di Sulawesi Selatan Hilang Diduga Jadi Korban Perdagangan Manusia

Gara-gara HP, Istri Babak Belur Dihajar Suami

Purna Jabatan Wagub, Rustri Siap Terjun ke Dunia Sosial


http://id.berita.yahoo.com/gara-gara-hp-istri-babak-belur-dihajar-suami-113130597.html
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© KAWUNGANTEN.COM Powered by Blogger